Jumat, 02 Mei 2014

ESSAY PENTINGNYA MENJADI SEORANG ENTREPRENEUR

Entrepreneur atau yang sering disebut wirausahawan adalah seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas.
                Di negara indonesia kita tercinta ini, jumlah masyarakat yang memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur) sangatlah minim. Ya, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2008 lebih dari 10juta orang tidak memiliki pekerjaan dan berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini, disebabkan oleh sikap mental yang cepat puas dengan hasil kerja, etos kerja yang kurang menghargai kerja keras dan kurangnya pangetahuan mengenai kewirausahaan. Padahal, para entrepreneur inilah yang berkontribusi dalam kemakmuran Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan adanya entrepreneur, lapangan kerja akan meningkat, sehingga berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran dan angka kemisikinan sehingga meningkatkan perekonomian negara. Subhanallah, sebegitu hebatnya manfaat menjadi entrepreneur ini.
                Pertumbuhan ekonomi suatu negara pada dasarnya tidakterlepas dari meningkatnya jumlah penduduk yang berjiwa wirausaha. Perekonomian yang baik berbanding lurus dengan jumlah penduduk yang berwirausaha.
                Negara indonesia yang notabene masih sebagai negara berkembang yang mempunyai penduduk terbesar ke-4 dunia setelah china, amerika serikat dan india ini amat membutuhkan jiwa - jiwa entrepreneurship untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi indonesia yang kian terpuruk. Jadi, bukankah lebih baik jika kitta menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, tidak perlu bergantung kepada orang lain ataupun instansi tertentu mengenai hidup kita sendiri.
                Indonesia terletak pada tempat yang begitu strategis, diantara dua benua dan dua samudera sehingga menjadi letak persimpangan jalur perdagangan dunia. Hampir berbagai manusia dari segala penjuru dunia pernah singgah di indonesia. Negara indonesia memiliki ribuan pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke, dan di setiap inchi wilayahnya mempunyai kekayaan sumber daya alam yang sangat erharga dan melimpah ruah, menyimpan kekayaan alam baik hayati maupun tambang, tersimpan di lautan lepas. Tanah yang subur serta iklim tropis menjadikan tanahnya subur. Bisa dipastikan, indonesia adalah negara yang syarat akan kekayaan. Ya, Indonesia kaya akan sumber daya alam di wilayahnya yang begitu luas. Sadar mengenai hal itu, sebenarnya manusia indonesia mempunyai peluang besar untuk menciptakan nilai tambah dan memasarkan anugerah alam indonesia dari tuhan yang maha agung untuk kesejahteraan rakyat indonesia, tentunya dengan tidak mengabaikan aspek lingkungan.
                Indonesia mebutuhkan banyak Usaha Kecil Menengah  (UKM) agar mampu menciptakan kekuatan ekonomi bangsa yang sehat dan kokoh sehingga dapat bersaing dengan bangsa – bangsa lain. Karena, dalam berwirausaha kita belajar dari hal terkecil hingga usaha yang kita jalani menjadi besar dan sukses.
                Negara yang masih muda, dengan penduduk amat padat jelas menjadi tantangan serius untuk dapat mensejahterakan mereka. Alangkah baik bukan, jika rakyat – rakyta indonesia berpikir kreatif serta manddiri untuk menyejahterakan hidup mereka sendiri. Menjadi seorang wirausaha dinilai sebagai tindakan yang paling tepat untuk meningkatkan taraf hidup seseorang dan lebih jauhnya lagi juga berkontribusi untuk memperbaiki perekonomian dalam negeri.
                Kebanyakan masyarakat indonesia, merasa enggan berwirausaha karna pola pikir atau mainset yang ada di otak mereka yaitu memulai suatu usaha haruslah mempunyai modal yang besar serta bakat dan keterampilan yang mumpuni. Selain itu juga, adanya ketakutan akan resiko bisnis yang gagal dijalankan. Padahal, jika kita menilik kisah – kisah entrepreneur sukses, mereka biasa memulai dengan modal yang kecil tapi berkat keuletan serta kesabran meraka, mereka dapat mengembangkannya menjadi usaha yang sukses. Dan beromset jutaan rupiah. Sedangkan, kegagalan dalam berwirausaha adalah hal yag lumrah terjadi. Seperti pepatah mengatakan, bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian. Nah, jika kita ingin sukses, maka harus ada kerikil – kerikil tajam yang harus kita lewati agar kita bisa berdiri di puncak.
                Saat ini, pengangguran tidak hanya berstatus lulusan SD, SMP, maupun SMA, tapi banyak juga diantaranya para sarjana. Persaingan yang semakin tinggi dikarenakan, semakin banyaknya sarjana -  sarjana yang dicetak setiap tahunnya tidak diimbangi dengan kenaikan jumlah lapangan pekerjaan dan juga, tidak ada yang bisa menjamin bahwa seorang sarjana dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan .
Sebagai calon mahasiswa, kita harus benar- benar jeli dalam melihat setiap peluang dan kesempatan yang ada, serta harus pandai – pandai mengasah otak kita agar bisa menjadi entrepreneur. Mahasiswa hendaknya tidak hanya stuk pada perolehan prestasi dan nilai akademis saja, tapi juga bagaimana hidup mereka setelah lulus dan menjadi sarjana kelak. Bibit wirausaha harus ditanamkan sejak dini agar kita mampu menghadapi kegagalan dan tetap fokus, ulet serta tekun meniti usaha kitaa. Mungkin, program young entrepreneur yang digagas universitas brawijaya dirasa mampu menghadapi tantangan pasar bebas yang akan berlaku di negara kita beberapa tahun kedepan. Karna di zaman serba canggih sekarang ini, pemuda berjiwa wirausha dengan profesionalitas tinggi sangat dibutuhkan guna menghadapi arus globalisasi. Gerakan kewirausahaan sebagai salah satu gerakan agar para lulusan perguruan tinggi tidak selalu menjadi pekerja di perusahaan besar, utamanya perusahaan asing. Mahasiswa harusnya bsa membuat suatu usaha mandiri yang bisa bermanfaat untuk khalayak, mahasiswa sudah tidak perlu memikirkan perusahaan ternama lagi setelah kuliah, tetapi bisa membuat usaha mandiri, membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain. Karena, sesungguhnya negara tidak akan pernah bisa maju ditangan pemuda yang loyo, malas, tidak berilmu, tidak produktif, tidak kreatif serta tidak mempunyai keahlian.
Sebagai mahasiswa yang diharapkan menjadi penerus intelek bangsa, kita diharapkan mampu membangun bagsa indonesia yang lebih maju dan mampu menangani masalah – masalah yang dimiliki bangsa ini, utamanya masalah ekonomi yang seakan – akan tidak habis – habisnya diselesaikan. Kemiskinan, pengangguran, perekonomian tidak merata, kenaikan harga bahan pokok tak terkendali, krisis ekonomi, dan lain sebagainya. Kita mahasiswa, diharapkan mampu menjadi pemuda entrepreneur yaitu pemuda berjiwa wirausaha. Karena, dengan menjadi wirausaha kita lebih mandiri, kita bebas mengeksplor segala bakat dan kemampuan yang kita miliki sehingga timbullah rasa puas dalam diri ketika melihat usaha yang kita bangun dengan keringat dan darah sendiri akhirnya bisa sukses.
Dengan menjadi seorang entrepreneur, kita ikut menyelamatkan hidup orang banyak dari jurang kemiskinan dan kita juga turut memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa indonesia.
wirausahawan itu harus berfikir kreatif. Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan dll.  dan terciptalah  perputaran uang buat si entrepreneur sama masyarakat.
Maka dari itu, marilah menjadi insan mandiri yang berdaya saing tinggi juga berdikari sehingga kita bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat. Tidak ada yang tidak dapat kita lakukan selagi kita mau berusaha. Man jada wajada.

Salam satu jiwa, entrepreneur muda indonesia! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar